Aplikasi MAGMA Indonesia aplikasi monitoring status Gunung Berapi di Indonesia


Hallo sahabat, pada artikel ini saya akan mencoba membagi informasi berkaitan dengan aplikasi monitoring gunung berapi, nah sahabat pasti sudah tau kalau  Indonesia terletak diantara Cincin Api dan Sabuk Alpide yang membentang dari Nusa Tenggara, Bali, Jawa, Sumatra, terus ke Himalaya, Mediterania dan berujung di Samudra Atlantik. Inilah sebabnya di Indonesia banyak gunung berapi aktif dan banyak terjadi gempa seperti yang baru-baru ini terjadi di Sumatra Barat. Gunung-gunung berapi di Indonesia termasuk yang paling aktif dalam jajaran gunung berapi pada Ring of Fire. Gunung berapi di Indonesia terbentuk dalam zona subduksi lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia.
kondisi letak geografis negara Indonesia seperti itu maka sangat besar kemungkinan benca alam yang disebabkan oleh letusan gunung berapi akan semaki sering terjadi, oleh sebab itu kita butuh tools untuk memonitor kondisi status dari gunung berapi itu agar kita dapat dengan mudah melakukan mitigasi sebagai usaha mengurangi resiko yang lebih parah akibat dampak erupsi.
untuk itu  sahabat dapat memanfaatkan aplikasi Magma buatan kementrian ESDM, apaseh aplikasi Magma itu, oke saya kutip dari web resmi Maga Indonesia penjelasanannya adalah sebagai berikut:

MAGMA Indonesia

MAGMA Indonesia (Multiplatform Application for Geohazard Mitigation and Assessment in Indonesia) adalah aplikasi multiplatform (web & mobile) dalam jaringan berisikan informasi dan rekomendasi kebencanaan geologi terintegrasi (gunungapi, gempabumi, tsunami, dan gerakan tanah) yang disajikan kepada masyarakat secara kuasi-realtime dan interaktif. Sistem ini dibangun dan dikembangkan secara mandiri oleh PNS Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sejak tahun 2015 dengan menggunakan teknologi terkini berbasis open-source. MAGMA Indonesia meliputi aplikasi yang digunakan secara internal/pegawai (analisis data dan pelaporan) maupun eksternal/publik (informasi dan rekomendasi). Prinsip utama MAGMA Indonesia adalah mengubah data menjadi informasi dan rekomendasi yang mudah dipahami oleh masyarakat umum. MAGMA Indonesia adalah sistem yang terus belajar dan berevolusi, fitur-fitur baru akan lahir disesuaikan dengan kebutuhan jaman. Diharapkan bahwa seluruh informasi kebencanaan geologi nantinya dapat diakses oleh masyarakat dengan mudah melalui satu jendela (single-window). Hal ini merupakan manifestasi hadirnya negara secara aktif di tengah-tengah masyarakat dalam upaya mitigasi bencana geologi di Indonesia.

Pelayanan publik yang disajikan MAGMA Indonesia PVMBG saat ini terdiri dari:
  1. Gunungapi :: (a) Informasi data pengamatan visual dan instrumental, tingkat aktivitas (status), dan rekomendasi gunungapi (Volcanic Activity Report/VAR), (b) Peta Kawasan Rawan Bencana (KRB) Gunungapi, maupun (c) Informasi abu vulkanik gunungapi untuk keselamatan penerbangan (Volcano Observatory Notice for Aviation/VONA).
  2. Gempabumi dan Tsunami :: (a) Informasi kejadian dan tanggapan gempabumi beserta analisis dan rekomendasinya, dan (b) Peta Kawasan Rawan Bencana (KRB) Gempabumi.
  3. Gerakan Tanah :: (a) Informasi kejadian dan tanggapan gerakan tanah beserta analisis dan rekomendasinya, dan (b) Peta Potensi maupun Zona Kerentanan Gerakan Tanah.
  4. Press Release :: Informasi periodik mengenai kejadian spesifik maupun kegiatan koordinasi, sosialisasi, dan mitigasi bencana geologi lainnya.
  5. Lapor Bencana :: Media pelaporan kejadian bencana geologi bagi masyarakat, pemda, maupun lainnya di sekitar wilayah bencana (Society Reporting System/SRS)
kita langsung aja yah, cek aplikasinya, jadi sahabat silakan browsing ke : 


maka akan tampil sebagai berikut : 

sahabat akan melihat peta kepulauan Indonesia denga icon gunung berwarna merah, hijau dan kuning. warna tersebut mengindikasikan status kondisi gunung berapi saat ini  (realtime). untuk mengetahui arti dari icon yang ada silakan click menu legenda pada bagian atas maka akan tampil keterangan sebagai berikut : 



Pada gambar gunung di dalam peta tersebut dapat di click untuk mendapatkan informasi lebih detail kondisi gunung, nama gunung dan lokasi gunung, dan kita juga dapat memperbesar peta atau memperjelas letak gunung tersebut dengan men-scroll mouse ke arah atas. 





Info mengenai gunung tersebut pun dapat di share melalui berbagai media




Serukan sahabat... untuk lebih jelasnya silakan sahabat berseluncur ke https://magma.vsi.esdm.go.id
silakan coba sendiri dan dapatkan informasinya 


oh iya pada aplikasi ini juga menyediak menu live seismograam dari semua gunung berapi di Indonesia, keren kan sahabat......

Berikut tampilannya : 





Aplikasi ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi android  atau  di google play loh :  
googleplaymagma



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi MAGMA Indonesia aplikasi monitoring status Gunung Berapi di Indonesia"

Post a Comment